Tempat belajar dan kumpulan ilmu komputer dan bisnis

JARINGAN

A. JARINGAN KOMPUTER

Jaringan computer adalah sebuah hubungan antara dua computer atau lebih, yang memungkinkan komunikasi antara pengguna dalam jaringan yang sama, melalui media yang menghubungkan keduanya keduanya. Sebuah jaringan computer terdiri dari dua atau lebih perangkat (seperti workstation, printer, server) yang terhubung bersama dengan dengan tujuan untuk berbagi dalam pemakaian informasi, resource, atau kedua-duanya.

Manfaat dari Jaringan Komputer adalah:

1. Membagi Daya
Jaringan Komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer,seperti printer,file-file,data-data, dan program-program

2. Reliabilitas Tinggi
Jaringan Komputer memungkinkan kita untuk mengkopikan data-data kedua atau tiga komputer bahkan lebih. Dengan demikian, apabila salah satu komputer rusak dan data-data yang disimpan didalamnya hilang, kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain.

3. Menghemat Uang
Dengan adanya jarinagan komputer,perusahaan-perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan. Misalnya satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan.

4. Sarana Komunikasi Efektif
Jaringan Komputer dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan menyebar informasi.

B. BERBAGAI JENIS JARINGAN KOMPUTER

1. LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

2. MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3. WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

4. INTERNET
internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.


C. TOPOLOGI JARINGAN

Dalam membangun sebuah jaringan komputer, dibutuhkan pengaturan susunan jaringan (topologi). topologi jaringan adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen - komponen jaringan, yang meliputi servwr, workstation, hub dan pengkabelannya.
topologi jaringan memiliki beberapa macam, tetapi terdapat beberapa topologi jaringan umum untuk digunakan antara lain bus, star, ring, mesh, dan extended star.

1. Topologi Bus
Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel.

2. Topologi Star
Topologi star yaitu menghubungkan komputer-komputer melalui media kabel yang terpisah ke suatu unit pusat, biasanya berupa HUB ataupun switch.

3. Topologi Ring
Topologi Ring menghubungkan komputer-komputer sepanjang satu lintasan tunggal yang kedua ujungnya digabung sehingga membentuk sebuah lingkaran (cincin).

4. Topologi Mesh
Topologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.

5. Topologi Extended Star
Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star.

D. PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

Perangkat Jaringan KomputerSebuah jaringan komputer, dimana suatu komputer terhubung dengan komputer lain, memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan. Perangkan sebuah jaringan komputer yaitu :
1.Server
2.Komputer Client
3.Kartu Jaringan
4.Hub
5.Kabel dan Konektor
6.Repeater
7.Bridge
8.Router

1. SERVER
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

2. KOMPUTER CLIENT
komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server.

3. KARTU JARINGAN
kartu jaringan adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan dimotherboard komputer yang terdapat dijaringan (baik server maupun client).

4. HUB
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.

5. KABEL DAN KONEKTOR
kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengar komputer yang lain.

6. REPEATER
repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dijaringan.

7. BRIDGE
bride adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dengan jaringan yang lain.

8. ROUTER
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

D. PROTOKOL TCP/IP

Protokol TCP/IPSebuah TCP/IP address adalah identitas komputer didalam jaringan, untuk membedakan komputer satu dengan lainnya.
Semua sumber daya di internet mempunyai alamat IP, jika tidak ada maka sama sekali tidak dapat hdir di internet.
Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protokol TCP/IP, karena menggunakan bahasa yang sama, perbedaaan jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah.
Alamat IP dapat si konfigurasi dengan dua cara :
1. Manual, diisi oleh network administrator.
Dengan menggunakan pilihan use the following IP address
2. Otomatis, dilakukan secara dinamis oleh Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server.
Dengan menentukan pilihan Obtain an IP address automaticaly

Langkah-langkah melakukan konfigurasi alamat IP pada komputer :
1. Aktifkan Network Connection dengan cara : klik start - All program - Accessories - Communications - Pilih Network Connection.
2. Klik menu file - pilih Properties
3. Pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian pilih properties
4. Isikan pada IP address : 192.168.0.5
Subnet mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
5. Klik OK untuk menyetujui.

F. UTILITAS KONEKSI

Untuk memastika koneksi jaringan komputer dapat diakses atau tidak, dapat dilakukan dengan melihat komfigurasi TCP/IP. Sistem operasi Windows memberikan fasilitas berupa perintah-perintah untuk memonitor jalur koneksi dalam jaringan komputer. Perintah untuk melakukan uji koneksidengan perintah “ping”.
Fungsi perintah ping pada uji koneksi pada jaringan komputer diantaranya:
- Perintah ping bekerja dengan mengirim “multiple IP Packet” ke sebuah tujuan khusus. Tiap paket yang terkirim meminta jawabn
- Perintah ping digunakan untuk menguji fungsi kirim/terima sebuah NIC. Konfigurasi TCP/IPdan koneksi jaringan
- Ping bekerja dengan mengirim ICMP echo request ke komputer tujuan.
- Komputer tujuan menjawab dengan mengirim pesan ICMP echo reply.
- Dapat digunakan untuk menemukan IP address meskipun nama host tidak diketahui.

Langkah-langkah melakukan uji koneksi jaringan:
1.Aktifkan jendela Command Prompt dengan cara:
Klik tombol Start- pilih Run. Kemudian pada kotak dialog ketiklah perintah ipconfig
2.Maka akan ditampilkan knfigurasi IP komputer yang aktif pada jaringan komputer.
3.Selanjutnya, dari jendela Command Prompt, ketiklah: ipconfig / all untuk melihat seluruh konfigurasi IP yang terkoneksi pada jaringan komputer.
4.Uji koneksi alamat IP komputer kita untuk memastikanterhubung jaringan komputer yang lain. Masih di command prompt, ketik: ping 192. 168..0.5 (rumus: ping + alamat IP)
5.keluar dari jendela command prompt, ketik exit; atau klik tombol close.

G. MENGAKSES JARINGAN KOMPUTER

Langkah-langkah melihat jaringan komputer sebagai berikut:
1.Aktif pada jendela Windows Explorer
Klik start – All Program – Accessories – Windows Explorer atau klik kanan tombol start – pilih Explore
2.Klik My Network Places – klik Entire Network – klik Microsoft Windows Network – klik Workgroup.

H. PENGOPERASIAN JARINGAN KOMPUTER

1.Sharing Device
Fasilitas sharing data memberi kemudahan kita untuk dapat mengakses data-data secara bersama-sama.Penggunaan alat-alat secara bersama-sama dalam jaringan komputer ini disebut sharing device.
Langkah-langkah men-sharing printer:
Masuk pada jendela Properties printer
Klik Tab sharing kemudian pilih Share this printer. Pada shae Name dapat diubah sesuai dengan nama printer yang akan dibaca oleh komputer lain dalam jaringan
Klik OK. Maka kita dapat melihat status printetr yang di sharing dengan gambar hand share

2.Melakukan Sharing Data
Langkah-langkah Sharing Data sebagai berikut:
Aktifkan jendela Windows Explorer
Klik kanan pada folder/drive yang akan di-sharing.Pilih Sahring and Security
Pada jendela Properties, beri tanda cek (v) pada Share this Folder on the network, dimaksudkan untuk menyetujui direktori/folder akan di-sharing.
Klik tombol untuk menyetujui sharing data.

 
MEMBUAT JARINGAN LAN

Apabila kita mempunyai 2 (dua) buah komputer tetapi kita ingin menghubungkan kedua komputer ini lewat jaringan. Untuk gampangnya harus lewat switch hub, tetapi kalau hanya untuk menghubungkan 2 (dua) komputer saja rasanya sayang kita untuk mengeluarkan uang untuk membeli peralatan tersebut. Untuk itu disini saya menulis artikel yang menerangkan bagaimana caranya menghubungkan kedua komputer tanpa harus lewat sarana switch hub. Untuk lebih jelasnya saya gambarkan dengan diagram berikut ini.
Gambar diatas merupakan jaringan dengan memakai Switch Hub

 
Tetapi yang akan kita bahas disini adalah jaringan komputer tanpa memakai switch hub, jadi gambarnya adalah sebagai berikut :


 
Dengan adanya dua perbandingan dua gambar diatas mudah-mudahan jelas maksudnya disini.
Untuk penyambungan kabel tentu juga berbeda, disini kita menggunakan cara Cross Over.
Cara Pengkabelan :
Siapkan kabel UTP dan connector RJ 45 :


Gambar diatas ini adalah gambar UTP dimana masing-masing warna sesuai dengan pasangannya (warna putih). Pasangan warna putih ini jangan sampai ketukar.

Dan gambar diatas ini merupakan Connector RJ45 yang digambarkan beserta susunan pin-nya (kakinya).


 
Gambar diatas ini namanya Crimping Tool, digunakan untuk menyambung kabel dengan Connector jaringan.

Setelah melihat peralatan diatas sekarang kita menginjak pada cara pengkabelan. Seperti yang diterangkan diatas kita menggunakan konfigurasi Cross Over. Tapi harus diingat, konfigurasi ini hanya digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara langsung, jadi konfigurasi kabel ini tidak berfungsi kalau menggunakan switch hub.


Gambar diatas ini merupakan konfigurasi yang harus Anda lakukan dalam pengkabelan. Anggap saja yang disebelah kiri merupakan salah satu ujung kabel yang dihubungkan dengan RJ45, masukan urutan warna kabel sesuai dengan nomer pin-nya. Yang disebelah kiri ini merupakan susunan Standard.
Sedangkan yang disebelah kanan merupakan ujung kabel yang satunya, dan masukkan urutan warna kabel juga sesuai dengan nomer pin-nya. Konfigurasi disebelah kanan ini merupakan Cross Over.
Yang perlu diperhatikan panjang antar ujung kabel jangan sampai melebihi 100 meter.
Setelah kedua ujung kabel di Crimping dengan baik langsung saja di pasang (Plug) pada Ethernet port pada masing-masing komputer. Yakinkan lampu indikator (biasanya terletak didekat port Ethernet) menyala di kedua komputer.


0 comments:

Poskan Komentar

Ilmu Komputer & Bisnis Copyright © 2011 | Template created by winners4lifeindonesia | Powered by Mustika Ali Saheb